Diposting Pada: Selasa, 05 Mei 2020
Webinar Guru Berbagi “ BELAJAR DARI RUMAH” Membantu Guru MIN 1 Tanjung Jabung Timur Dalam Penerapan Teaching Form Home.


Webinar Guru Berbagi “ BELAJAR DARI RUMAH”  Membantu Guru MIN 1 Tanjung Jabung Timur Dalam Penerapan Teaching Form Home.Rantau Rasau, (MIN1Tanjab Timur). Tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi saat ini wabah Covid 19 mulai menyebar ke Indonesia termasuklah sampai ke Provinsi Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur meskipun belum dan mudah-mudah tidak sampai ke Kecamatan Rantau Rasau. tentu ini berpengaruh terhadap semua kegiatan. Termasuk kegiatan belajar mengajar pun tidak dilaksanakan di madrasah.

Hal ini lah yang menjadi pemikiran kita semua untuk mencari solusi, strategi, dan upaya yang harus dilakukan oleh setiap madrasahagar proses kegiatan belajar online bisa dilaksanakan. Meskipun selama ini kegaiatan sudah dilaksanakan tetapi tidak bisa kita pungkiri bahwa permasalahan yang kita hadapi masih cukup banyak.

Diantara permasalahan yang saat ini di MIN 1 Tanjung Jabung Timur adalah bagaimana pelaksanaan belajar online meskipun hingga saat ini baru menggunkan fasilitas Whatsap yang dibuat oleh setiap group paguyuban kelas. Tentu upaya yang diinginkan oleh pihak madrasah dan pihak wali murid dan siswa itu sendiri adalah dengan adanya pembelajaran yang menyenangkan.

Melalui informasi yang didapat dari kepala madrasa yang disampaikan kepada guru-guru bahwa ada kegiatan webinar guru berbagi yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama dengan Tanoto Poundation tentang ‘ Belajar dari Rumah “

Kegaiatan Belajar Bermakna dari Rumah dengan MIKiR ini dilaksanakan pada Selasa, 5 Mei 2020. Jam 10.00-12.00 WIB dengan narasumber:
1. Ujang Sukandi (Kepala Pelatihan Sekolah dan Guru Program PINTAR Tanoto Foundation)
2. Krista Adayu (Guru Kelas VI SDN Gumilir 06, Cilacap, Jawa Tengah)
Untuk membantu guru dan orangtua membuat belajar dari rumah menjadi lebih bermakna, Tanoto Foundation dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan webinar dengan topik Belajar Bermakna dari Rumah dengan MIKiR.
Dalam webinar ini peserta akan diajak berpraktik:
• mengembangkan dan menerapkan kegiatan belajar dari rumah dengan unsur MIKiR atau mengalami, interaksi, komunikasi, dan refleksi.
• memberikan penugasan produktif, imajinatif, dan terbuka
• Mengintegrasikan pendidikan karakter dalam belajar dari rumah
• memberikan umpan balik kepada siswa dalam belajar dari rumah
• mendapatkan contoh pengalaman guru menerapkan belajar dari rumah dengan MIKiR.

Acara ini terbuka untuk umum dan GRATIS.

Salah satu guru MIN 1 Tanjabtim Ibu Pitriyani, S.Pd setelah mengikuti sesi ini ia menyampaikan bahwa sangat senang sekali bisa mengikuti webinar atau sejenis seminar ini karena sangat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran online. Hal senada juga disamapaikan oleh ibu Rina Raudhatul jannah ia mengatakan belum pernah dan tau dengan apa itu pembelajaran MIKIR dan setelah mengikuti iya merasa paham meskipun belum banyak yang ia ketahui.

Sementara selaku kapala madrasah Bapak Aziz menyampaikan bahwa “ guru-guru diharuskan untuk mengikuti kegiatan tersebut, karena ini merupakan kebutuhan yang harus kita peroleh dan kita akan laksanakan dalam pemelajaran online saat ini. Saya berani mengajak bapak dan ibu guru untuk mengikuti kegiatan webinar ini meskipun belum semua guru mengikuti secara live tetapi merekan akan menonton kembali dari video yang di dapat, karena masing-masing guru kami berikan paket internet melalui dana BOS sebesar Rp. 100.000,- selama TFH ini.” ungkap beliau.

Dan kita semua tentu berharap keadaan kembali normal dengan cepat agar siswa dapat melaksanakan rutintas mereka dengan normal.

Penulis : SH
Editor ; AZ






 


426x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. MIN 1 Tanjab Timur latihan intensif menjelang perlombaan gerak jalan 126x dibaca
  2. Optimalkan Kegiatan Belajar Online Guru MIN 1 Tanjabtim melalui Group Paguyuban Kelas. 69x dibaca
  3. Peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Siswa/I MIN 1 Tanjabtim Cipta dan baca Puisi Serta Cerpen dari Rumah. 123x dibaca
  4. MELANGKAH MENUJU UASBN TAHUN 2019 65x dibaca
  5. Penampilan Siswa MIN 1 Tanjab Timur di festival lomba drumband Hut Pemkab Tanjung Jabung Timur 71x dibaca

Halaman ini diakses pada 22-10-2020 08:18:48 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 3.210.201.170
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved